Senin, 18 April 2016

#PETGame Konsep Pembuatan Script Game



Yosh kembali lagi dengan saya dengan saya, disini kita akan membahas tentang Pembuatan Script pada Game. Siapa sih yang tidak pernah bermain game? Pastinya diantara kalian sering memainkan game dari anak-anak maupun dewasa, tetapi kita hanya mengetahui cara bermainnya saja. Tak segelintir orang mengetahui sebelum kita membuat game kita harus melakukan hal perancangannya. Apa saja itu :

    Scenario
http://jurnalotaku.kilatstorage.com/wp-content/uploads/2014/05/castingvoiceaddimasand1ge.jpg
Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ialah rencana lakon sandiwara atau film berupada adegan demi adegan yang tertulis secara terperinci. Jika kita arahkan kedalam konsep suatu pembuatan game itu dapat disimpulkan alur cerita dalam suatu game tersebut seperti apa? Sebuah game tanpa sebuah scenario  yang menarik seolah sayur tanpa kuah. Walaupun game tersebut sangat adiktif tetapi tanpa adanya alur cerita dalam suatu game akan terasa hambar, jadi scenario adalah alur cerita tiap game level dan menuju level berikutnya, sehingga game tersebut menarik untuk dimainkan .


.   Script

http://deliveryimages.acm.org/10.1145/1490000/1483106/fig1.jpg
Pada kebanyakan orang awam mungkin tak mengenali apa itu script? Script ialah file instruksi yang dibuat sesuai dengan bahasa pemograman tertentu. Seperti contoh “Java Script adalah file intruksi yang dibuat berdasarkan bahasa pemograman java. Pada pembuatan game, script bahasa yang digunakkan untuk memprogram suatu project untuk menghasilkan suatu game yang kita inginkan dan biasanya pada pembuatan game disinilah yang menurut saya akan kerja ekstra, soalnya kita akan memutar otak bagaimana script itu tidak terjadi bug.


    Storyboard

Storyboard? Mungkin tidak asing oleh para seseorang yang suka membuat suatu project atau rancangan pada suatu kegiatan. Disini saya akan menjelaskannya. Storyboard ialah suatu gambaran visual yang terdapat pada suatu kertas yang biasanya disebut dengan Blueprint yang membantu untuk menggambarkan suatu project, dengan adanya storyboard kita dapat membanyangkan suatu visualisasi dengan gambar secara detail sehingga hasil yang akan dihasilkan akan menjadi maksimal.
http://sbt.blob.core.windows.net/storyboards/amandawilhite407/the-hunger-games.png


Sumber :
http://www.kompasiana.com/selamethariadi/pentingnya-skenario-game-importance-of-scenario-game_550037faa33311fb6f5102ee

http://artikata.com/arti-351558-skenario.html

 http://www.wdthepowerofchoice.com

http://www.davidprasetyo.com/2015/11/pengertian-storyboard.html

0 komentar:

Posting Komentar