Senin, 18 April 2016

#PETGame Konsep Artificial Intelligence



https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/f3/79/cd/f379cd383a661eb9ffdaf1bca294a162.jpgBaiklah disini kita akan membuka pembahasan tentang AI (Artificial Intelligence) atau juga kecerdasan buatan. Disini saya akan menjelaskan deskripsi dari AI itu sendiri dan juga beberapa isi dari AI tersebut, yuk mari gan
 
DESKRIPSI UMUM AI
AI singkatan dari Artificial Intelligent atau kecerdasan buatan adalah suatu cabang dalam bidang sains komputer yang mengkaji tentang bagaimana melengkapi sebuah komputer dengan kemampuan atau kepintaran seperti manusia.

Sebagai contoh, bagaimana komputer bisa belajar sendiri dari pengalaman dan data-data yang telah dikumpulkannya, bagaimana komputer mampu berkomunikasi dan mengucapkan kata demi kata. Dengan kemampuan ini, diharapkan komputer mampu mengambil keputusan sendiri untuk berbagai kasus yang ditemuinya.
Kelebihan Artificial Intelligence
·         -Bersifat Konsisten
·         -Bersifat permanent
·         -Menawarkan kemudahan untuk digandakan atau disebarkan
·         -Dapat didokumentasikan
Kekurangan Artificial Intelligence
·         -Biaya yang mahal untuk membuatnya
·         -Dampak negative yang akan ditimbulkan
·         -Memperlukan sumber daya yang mempenghuni

Decision Making
Keputusan (decision) adalah membuat pilihan di antara beberapa kemungkinan. Sedangkan pengambilan keputusan (decision making) menunjuk pada proses yang terjadi sampai keputusan itu tercapai. Atau dapat disimpulkan setiap proses pembentukan kebijakan umum diambil dari suatu proses mengambilan keputusan.

          1. Decision Tree
Secara konsep Decision tree adalah salah satu dari teknik decision analysis.Tries sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 1960-an oleh Fredkin. Trie atau digital tree berasal dari kata retrival (pengambilan kembali) sesuai dengan fungsinya. Secara etimologi kata ini diucapkan sebagai ‘tree’. Meskipun mirip dengan penggunaan kata ‘try’ tetapi hal ini bertujuan untuk membedakannya dari general tree. Dalam ilmu komputer, trie, atau prefix tree adalah sebuah struktur data dengan representasi ordered tree yang digunakan untuk menyimpan associative array yang berupa string
http://www.sfs.uni-tuebingen.de/~vhenrich/ss12/java/homework/hw7/tvTree.jpg

2.    State Mechine
Secara umum, State Machine adalah sebuah teknik untuk menggambarkan perilaku dinamis  sebuah system, dalam pendekatannya sebuah State Machine memodelkan perilaku dari sebuah objek tunggal yang menunjukan urutan kejadian selama suatu event tersebut

3.    Rule System
Pada pola ini saya kurang mengerti banyak sekali pembahasa yang berbeda-beda tentang hal tersebut, jadi saya simpulkan bahwa system yang digunakan sebagai cara untuk menyimpan dan memanipulasi pengetahuan untuk mewujudkannya dalam suatu informasi yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan.


PATH FINDING

Path finding (Perintis) suatu alur dalam suatu menciptkan jalan untuk langkah awal dalam suatu proses pembuatan game, disini saya akan mencontohkan dalam game Mario bros yang bagaimana alur dari game tersebut 2D dan mengarah maju dan tidak dapat kembali kestage awal dan juga mencari jalan untuk mencapai tiang bendera tersebut. Ada jenis dari Path Finding diantaranya :
http://i252.photobucket.com/albums/hh9/PaulTozour/Stormwind_waypoints.jpg
1.     Waypoint adalah jalur pemetaan dalam suatu map atau objek yang akan di lewatinya. Disini saya akan memberikan contohnya seperti game pinball dimana terdapat banyak jalan untuk si bola untuk jatuh kebawah dan jalurnya tersebut sudah dikoordinasi dengan waypoint jadi bisa dilewati.

Tactile & Strategic AI

Pada bagian akhir saya akan menjelaskan tentang Tactile dahulu, dari beberapa sumber yang saya baca dapat diartinya bahwa tactile adalah suatu system sensor yang mengukur suautu informasi yang timbul dari interaksi AI tersebut dan jika secara luas dapat diartikan sebagai system robotic lalu pada Strategic AI adalah bagaimana rancangan kedepan dari AI tersebut pada masa depan, jadi pemikiran terhadapat AI kedepannya akan semakin menyerupai manusia saja. 

sumber :
http://www.temukanpengertian.com/2013/08/pengertian-artificial-intelligence.html#

http://www.tanyapedia.com/apa-itu-ai-artificial-intelligent

http://www.lepank.com/2012/07/pengertian-keputusan-decision.html

https://kandm.wikispaces.com/Decision+Tree

http://eprints.binadarma.ac.id/492/1/OBJECT%20ORIENTED%20ANALYSIS%20%26%20DES%20materi%202.pdf

http://www.slideshare.net/ahmadsaktia/paper-40665729
 


0 komentar:

Posting Komentar