Senin, 14 April 2014

PERTUMBUHAN PENDUDUK



TUGAS KELOMPOK
Kelas : 1IA21
Nama Anggota Kelompok :
1. Abdus Salam                       (50413052)
2. Bima Hafish Ramadhan     (59413691)
3. Dimas Setya Aji                 (54213522)
4. Renaldi Eha Mukin            (57413381)
5. Safiyulloh Waskito Jati      (58413190)
6. Yuhendrik                           (59413556)


PERTUMBUHAN PENDUDUK
A. PENGERTIAN
Pertumbuhan penduduk adalah perubahan populasi sewaktu-waktu, dan dapat dihitung sebagai perubahan dalam jumlah individu dalam sebuah populasi menggunakan "per waktu unit" untuk pengukuran.Sebutan pertumbuhan penduduk merujuk pada semua spesies, tapi selalu mengarah pada manusia, dan sering digunakan secara informal untuk sebutan demografi nilai pertumbuhan penduduk, dan digunakan untuk merujuk pada pertumbuhan penduduk dunia.
Pertumbuhan penduduk merupakan salah satu faktor yang penting dalam masalah sosial ekonomi umumnya dan masalah penduduk pada khususnya. Karena di samping berpengaruh terhadap jumlah dan komposisi penduduk juga akan berpengaruh terhadap kondisi sosial ekonomi suatu daerah atau negara maupun dunia. (menurut MKDU ISD)
Pertumbuhan penduduk adalah perubahan jumlah penduduk baik pertambahan maupun penurunannya. (menurut modul online).
Selain itu pertumbuhan penduduk dapat diartikan sebagai perubahan jumlah penduduk di suatu wilayah tertentu pada waktu tertentu dibandingkan waktu sebelumnya. Misalnya saja pertumbuhan penduduk Indonesia dari tahun 2013 ke tahun 2014 adalah perubahan jumlah penduduk Indonesia dari tahun 2013 sampai 2014.

B. INDIKATOR

Indikator tingkat pertumbuhan penduduk sangat berguna untuk memprediksi jumlah penduduk di suatu wilayah atau negara dimasa yang akan datang. Dengan diketahuinya jumlah penduduk yang akan datang, diketahui pula kebutuhan dasar penduduk ini, tidak hanya di bidang sosial dan ekonomi tetapi juga di bidang politik misalnya mengenai jumlah pemilih untuk pemilu yang akan datang. Tetapi prediksi jumlah penduduk dengan cara seperti ini belum dapat menunjukkan karakteristik penduduk dimasa yang akan datang. Untuk itu diperlukan proyeksi penduduk menurut umur dan jenis kelamin yang membutuhkan data yang lebih rinci yakni mengenai tren fertilitas, mortalitas dan migrasi.

C. CARA MENGHITUNG
Kelahiran dan perpindahan penduduk disuatu wilayah menyebabkan bertambahnya jumlah penduduk di wilayah yang bersangkutan. Sedangkan kematian menyebabkan berkurangnya jumlah penduduk di wilayah tersebut. Pertumbuhan penduduk suatu wilayah atau negara dihitung dengan membandingkan jumlah penduduk awal (misal P0) dengan jumlah penduduk dikemudian hari (misal Pt ). Tingkat pertumbuhan penduduk dapat dihitung dengan menggunakan rumus secara geometrik yaitu dengan menggunakan dasar bunga-berbunga (bunga majemuk).
Dengan rumus pertumbuhan geometrik, angka pertumbuhan penduduk ( rate of growth atau r ) sama untuk setiap tahun, rumusnya:   
Formula 
Keterangan:
§  P0 adalah jumlah penduduk awal
§  Pt adalah jumlah penduduk t tahun kemudian
§  r adalah tingkat pertumbuhan penduduk
§  t adalah jumlah tahun dari 0 ke t.
Contoh dan Sumber Data
Untuk mengaplikasikan rumus petumbuhan penduduk secara geometric (Geometric Rate of Growth) diberikan contoh perhitungan dengan menggunakan data jumlah penduduk Indonesia 1995 dari hasil Survai Penduduk Antar Sensus (Supas) 1995 yakni 194,7 juta dan data jumlah penduduk 2000 dari hasil Sensus Penduduk (SP) 2000 yakni 205,8 juta. Dengan mengaplikasikan rumus di atas maka tingkat pertumbuhan penduduk Indonesia tahun 1995-2000 adalah:
Pt = P2000          = 205,8  juta ;
P0 = P1995         = 194,7 juta ;
t                       =  2000 - 1995 = 5 tahun
Bila data diatas kedalam rumus pertumbuhan geometrik, maka:
205.800.000                                        = 194.700.000 * ( 1+ r) 5
log (205.800.000 / 194.700.000)
 ---------------------------------------       =  log (1+ r)
                            5                                       
0,0048                                                 =  log (1 + r)
10 0,048                                                 =  1 + r 
1,0111                                                 =  1  +  r 
r                                                           =  0,0111

Interpretasi
Angka pertumbuhan penduduk Indonesia antara tahun 1995-2000 adalah 1,11 % per tahun. Artinya setiap tahun antara 1995 dengan tahun 2000 jumlah penduduk Indonesia bertambah sebesar 1,11 persen nya. Dengan angka pertumbuhan ini dapat dihitung perkiraan jumlah penduduk pada tahun yang akan datang.

D. FAKTOR – FAKTOR PERTUMBUHAN PENDUDUK

Faktor penyebabnya adalah adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama kemajuan di bidang kesehatan. Dengan kemajuan teknologi kesehatan kelahiran dapat diatur dan kematian dapat dicegah. Ini semua mengakibatkan menurunnya angka kematian secara drastis atau mencolok.

Sesuai dengan tingkat kemajuan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi maka tiap-tiap masyarakat atau negara, pertumbuhan penduduknya mengalami 4 periode yaitu:

  • Periode I
    Pada periode ini pertumbuhan penduduk berjalan dengan lambat yang ditandai dengan adanya tingkat kelahiran dan kematian yang rendah sehingga disebut periode statis.
  • Periode II
    Tahap kedua ini angka kematian mulai turun karena adanya perbaikan gizi makanan dan kesehatan. Akibat dari itu semua pertumbuhan penduduk menjadi cepat mengingat angka kelahiran yang masih tinggi.
  • Periode III
    Periode ini ditandai dengan tingkat pertumbuhan penduduk mulai turun. Tingkat kematian pada periode ini stabil sampai pada tingkat rendah dan angka kelahiran menurun, penyebabnya antara lain adanya pembatasan jumlah anggota keluarga.
  • Periode IV
    Pada masa ini tingkat kematian stabil, tetapi tingkat kelahiran menurun secara perlahan sehingga pertumbuhan penduduk rendah. Periode ini di sebut periode penduduk stasioner.

Dari empat periode di atas, pertumbuhan penduduk Indonesia berada pada periode kedua dan sekarang sedang menuju periode ketiga.

Kemudian terdapat juga faktor – faktor utama yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk, yakni :

1. Kelahiran (Fertilitas)
2. Kematian (Mortalitas)
3. Perpindahan (Migrasi)


            Kelahiran bersifat menambah, kematian bersifat mengurangi dan mingrasi dapat bersifat menambah (migrasi masuk) dan dapat pula bersifat mengurangi(mingrasi keluar). Untuk banyak negara, termasuk indonesia, pertumbuhan penduduk di tentukan oleh kelahiran dan kematian, karena mingrasi masuk dan migrasi keluar terlalu kecil sehingga bisa diabaikan.

            Selain faktor demografi tersebut, secara tidak langsung pertumbuhan penduduk juga di pengaruhi oleh faktor-faktor nondemografi. Faktor nondemografi yang penting ialah kesaehatan dan pendidikan pengaruh kesehatan dalam pertumbuhan pentuduk terlihat dari jumlah kematian. Semakin maju tingkatan kesehatan, maka kecil jumlah kematian, yang selanjutnya dapat menyebabkan pertumbuhan pertumbuhan penduduk besar, apabila jumlah kelahiran besar.kesehatan juga berhubungan dengan pendidikan. Semakin tinggi pendidikan maka kesehatan akan semakin baik.

            Apabila tingkat pendidikan tinggi, Pada umumnya mereka akan lebih mudah menerima pembaharuan atau modernisasi. Salah satu contoh ialah meningkatnya usia kawin. Semankin tinggi usia kawin, semakin tinggi jumlah kelahiran.

Faktor Penujang Kelahiran

            Karena jumlah kelahiran dan kematian sangat mentukan pertumbuhan penduduk di indonesia, maka kita harus menetahui faktor -faktor apa saja yang mempengaruhi kelahiran dan kematian, agar usaha intuk mengurangi jumlah kelahiran berhasil baik.

Faktor Penghambat Kelahiran

            Selain ada penujang kelahiran ada juga faktor yang menghambat kelahiran atau penyebab kelahiran berkurang. Pemerintah atau negara yang mengambil kebijaksanaan menghambat kelahiran (antinatalitas) bertujuan untuk mengurangi jumlah kelahiran, supaya jumlah penduduk seimbang dengan daya dukungan daerah. Daya kemampuan daerah adalah kemampuan daerah untuk menghidupi penduduknya.keseimbangan ini perlu di jaga agar taraf hidup penduduk baik.

            Dalam pengukuran demografi ketiga faktor tersebut diukur dengan tingkat/rate. Tingkat/rate ialah kejadian dari peristiwa yang menyatukan dalam bentuk perbandingan. Biasanya perbandingan ini dinyatakan dalam tiap 1000 penduduk.











Berikut sedikit penjelasan mengenai pengukuran Fertilitas :

1. Pengukuran Fertilitas Tahunan

            Adalah pengukuran kelahiran bayi pada tahun tertentu dihubungkan dengan jumlah penduduk yang mempunyai resiko untuk melahirkan pada tahun tersebut. Adapun ukuran – ukuran fertilitas tahunan adalah :

a. Tingkat Fertilitas Kasar (Crude Birth Rate )
Adalah banyaknya kelahiran hidup pada satu tahun tertentu tiap 1000 penduduk.

b. Tingkat Fertilitas Umum (General Fertility Rate )
Adalah jumlah kelahiran hidup per.1000 wanita usia reproduksi (usia 14 14-49 atau 15 15-44 th th) pada tahun tertentu.

c. Tingkat Fertilitas Menurut Umur (Age Specific Fertility Rate )
Adalah perhitungan tingkat fertilitas perempuan pada tiap kelompok umur dan tahun tertentu.

d. Tingkat Fertilitas Menurut Urutan Kelahiran (Birth Order Specific Fertility Rates Rates)
Adalah perhitungan fertilitas menurut urutan kelahiran bayi bayioleh oleh wanita pada umur dan tahun tertentu.

2. Pengukuran Fertilitas Kumulatif

            Adalah pengukuran jumlah rata rata-rata anak yang dilahirkan oleh seorang perempuan hingga mengakhiri batas usia suburnya. Adapun ukuran – ukuran fertilitas kumulatif adalah :

a. Tingkat Fertilitas Total (TFR)
            Adalah jumlah kelahiran hidup laki laki-laki & wanita tiap 1000 penduduk yang hidup hingga akhir masa reproduksinya dengan catatan :
* tidak ada seorang perempuan yg meninggal sebelum mengakhiri masa reproduksinya.
* tingkat fertilitas menurut umur tidak berubah pd periode waktu tertentu.







b. Gross Reproduction Rates (GRR)
            Adalah jumlah kelahiran bayi perempuan oleh 1000 perempuan sepanjang masa reproduksinya dengan catatan tdk ada seorang perempuan yg meninggal sebelum mengakhiri masa reproduksinya.

c. Net Reproduction Rates (NRR)
            Adalah jumlah kelahiran bayi (pr) oleh sebuah kohor hipotesis dari 1000 (pr) dengan memperhitungkan kemungkinan meninggalkan para (pr) itu sebelum mengakhiri mengakhiri masa reproduksinya.

Faktor Faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya fertilitas penduduk :

1. Faktor Demografi, antara lain :
* Struktur umur.
* Struktur perkawinan.
* Umur kawin pertama.
* Paritas.
* Disrupsi perkawinan.
* Proporsi yang kawin.

2. Faktor Non Demografi, antara lain :
* Keadaan ekonomi penduduk.
* Tingkat pendidikan.
* Perbaikan status perempuan.
* Urbanisasi dan industrialisasi.

Berikut sedikit penjelasan mengenai pengukuran mortalitas :

1. Crude Death Rate (CDR)
Adalah banyaknya kematian pada tahun tertentu, tiap 1000 penduduk pada pertengahan tahun.

2. Age Specific Death Rate (ASDR)
Adalah jumlah kematian penduduk pd tahun tertentu berdasarkan klasifikasi umur tertentu.

3. Infant Mortality Rate (IMR)
Adalah tingkat kematian bayi.




Karakter kelompok penduduk yang mempengaruhi Crude Death Rate (CDR) :

1. Antara penduduk daerah pedesaan dan daerah perkotaan.
2. Penduduk dengan lapangan pekerjaan yang berbeda.
3. Penduduk dengan perbedaan pendapatan.
4. Perbedaan jenis kelamin.
5. Penduduk dengan perbedaan status kawin.

            Faktor terakhir yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk suatu daerah adalah Perpindahan (Migrasi) atau Mobilitas Penduduk yang artinya proses gerak penduduk dari suatu wilayah ke wilayah lain dalam jangka waktu tertentu.
Faktor – faktor yang mempengaruhi migrasi :

* Faktor individu.
* Faktor yang terdapat di daerah asal.
* Faktor yang terdapat di daerah tujuan.
* Rintangan antara daerah asal dan daerah tujuan.

Daya tarik dan daya dorong di daerah asal yang mempengaruhi perpindahan penduduk :

1. Kekuatan Sentripetal
Adalah kekuatan yang mengikat orang untuk tinggal di daerah asal, misalnya :
* Terikat tanah warisan.
* Menunggu orang tua yang sudah lanjut.
* Kegotong royongan yang baik.
* Daerah asal merupakan tempat kelahiran nenek moyang mereka.

2. Kekuatan Sentrifugal
Adalah kekuatan yang mendorong seseorang untuk meninggalkan daerah asal, misalnya :
* Terbatasnya pasaran kerja.
* Terbatasnya fasilitas pendidikan.





E. MASALAH PERTUMBUHAN PENDUDUK INDONESIA
Permasalahan kependudukan di indonesia salah satu yang harus dihadapi di setiap negara,bukan tidak mungkin angka kelahiran di setiap tahunnya akan terus meningkat, dan pemerintah pun  akan kesulitan untuk mensejahterakan rakyat karena dari tahun ke tahun jumlah penduduk indonesia terus meningkat dan anggaran untuk membantu masyarakat menengah kebawah juga ikut meningkat. Kebutuhan pokok semakin lama semakin menipis dan lowongan pekerjaan yang terbatas.
Adapun masalah-masalah kependudukan yang dialami oleh Indonesia antara lain:
  1. Besarnya Jumlah Penduduk (Over Population) 
  2. Tingginya Tingkat Pertumbuhan Penduduk
  3. Persebaran Penduduk Tidak Merata
Adapun solusi untuk mengatasi masalah tersebut, diantaranya :   
  1. Perlunya  pemerataan lapangan pekerjaan di daerah - daerah agar para usia kerja dapat dengan mudah untuk mencari pekerjaan  di daerahnya sendiri.
  2. Program - program pemerintah seperti KB, penggunaan alat kontrasepsi, penundaan usia perkawinan harus didukung penuh oleh masyarakat  sehingga penurunan laju pertumbuhan penduduk diharapkan menurun.
  3. Pemerataan pembangunan di daerah - daerah lain seperti sarana dan prasarana kesehatan dan pendidikan serta fasilitas sosial lainnya.
    “Tugas Pertanyaan dan Jawaban”
    1. Cara menanggulangi arus informasi yang pesat di Indonesia !
    Jawab :
    Caranya dengan kita dapat mengetahui apa saja informasi yang ingin kita ketahui dengan berbagai media di sekitar kita, bisa dapat dari media elektronik, media cetak ataupun orang-orang yang disekitar kita, sadar akan banyaknya informasi, pintar-pintar meemilih untuk menerima berbagai macam informasi yang positif dan tidak merugikan, meningkatkan pengetahuan, keterampilan, wawasan kita agar dapat lebih mengetahui informasi itu sendiri baik buruknya sehingga kita dapat menangani informasi yang begitu pesat di Indonesia.
    Namun informasi yang pesat bagi bangsa Indonesia dapat menjadi peluang dan tantangan. Peluang yang dapat diperoleh adalah pasaran hasil produksi yang semakin luas, perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin cepat, lapangan kerja yang semakin luas dan peluang bisnis yang makin terbuka.
    Dalam menerima pengaruh asing, bangsa Indonesia juga jangan bersifat pasif atau menerima begitu saja pengaruh tersebut. Bangsa Indonesia harus bersifat aktif menyeleksi pengaruh tersebut. Kebudayaan asing diakulturasikan secara serasi dengan kebudayaan asli sehingga menghasilkan kebudayaan yang bercorak khas.
    2. Apakah benar angka kematian penduduk itu menurun di Indonesia ! (Jika iya atau tidak berikan alasannya)
    Jawab :
    Menurut saya tidak, dikarenakan banyak orang yang tidak sadar dengan keselamatannya sendiri seperti menggunakkan motor tidak menggunakan safety drive, anak muda sekarang yang naik motor ugal-ugalan dan sebagainya lalu faktor lain dalam kemiskinan jika orang yang masih banyak di Indonesia berakibatkan tidak bisa berobat karena biaya terlalu mahal yang malah angka kematian di Indonesia itu semakin meningkat. Dan disebabkan dengan faktor lain yaitu :
    Pembunuhan, bisa dari balita dan orang dewasa yang bisa disebabkan oleh bunuh diri, pemerkosaan, multilasi, geng-geng motor atau yang lainnya, perampok, faktor balas dendam dan masih banyak lagi faktor pembunuhan lainnya. Aborsi, orang yang menggugurkan kandungannya, biasanya karna sex bebas dan stres karna tidak tau harus berbuat apa, ini juga faktor pemicu meningkatnya angka kematian di Indonesia karna sekarang banyak anak remaja yang melakukan hal ini.      
    3. Apakah Negara Indonesia bisa seperti Negara China? (Dalam bidang pertumbuhan penduduk)
    Jawab :
    Bisa, yang notabene warga Negara Indonesia lebih sedikit dari Negara China walaupun begitu pemerintahannya harus ditata ulang karena banyak yang diberitakan wakil rakyat disana kerjanya tidak benar dan hanya mengingikan uangnya kembali saja dan juga sistem pemerintahannya harus yang terorganisir jadi cepat merespon wilayah yang membutuhkan karena Indonesia adalah negara kepulauan yang membutuhkan setiap wakil di daerah yang bertanggung jawab melaporkan kekurangan ke bagian yang lebih atas. Selain itu apabila tidak dibantu oleh pemerintah penyuluhan tentang KB (Keluarga Berencana) dan banyak juga kasus tentang sex bebas di Indonesia. Yang bisa menjadi pemicu bertambahnya penduduk di Indonesia. 

REFERENSI MATERI
(Hari Rabu, Tanggal 09-April-2014, Jam : 21:38)
(Hari Rabu, Tanggal 09-April-2014, Jam : 22:46)
(Hari Rabu, Tanggal 09-April-2014, Jam : 23:00)
(Hari Rabu, Tanggal 09-April-2014, Jam : 23:20)
(Hari Rabu, Tanggal 09-April-2014, Jam : 23:30)
(Hari Rabu, Tanggal 09-April-2014, Jam : 23:53)

0 komentar:

Posting Komentar