Nama : ABDUSSALAM
KELAS : 4IA22
NPM : 50413052
Dosen : Rina Noviana
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Unilever adalah salah satu perusahaan terbesar
didunia yang multinasional memperluas wilayahnya ke hampi 170 negara. Perusahaan
ini telah mempekerjakan 163.000 orang pada akhir tahun 2009, merekturt 90%
tenaga kerja mereka dari pasar domestic dimana ia mengoperasikan bisnisnya. Ini
telah mengambil tanggung jawab unutk memenuhi kebutuhan lebih dari 2 miliar
orang di seluruh masyarak setiap hari.
Menjadi multinasional besar melahirkan tanggung
jawab social perusahaan jauh lebih banyak daripada perusahaan kecil
biasa,karena merupakan salah satu tantangan terbesar dari setiap multinasional
untuk mempertahankan legitimasi social mereka. Saat ini perusahaan tidak
diharapkan focus untuk focus pada dampak social tetapi mereka harus beroprasi
sebagai angora masyarakat dengan memepertimbangkan ruang lingkup perlaku etis
dan moral dengan cara terbaik
Penerapan tanggung jawab sosial perusahaan saat ini :
Bentuk tanggung jawab sosial
perusahaan yang biasanya dilakukan adalah pemberian fasilitas kepada para
pekerja atau buruh. Kenyataannya bahwa pemberian fasilitas baru akan
terealisasi jika adanya ancaman mogok atau unjuk rasa dari para buruh. Ini
berarti tanggung jawab sosial perusahaan terhadap para buruh didasarkan sebagai
suatu negosiasi antara manajemen dengan para buruh. Manajemen tentunya akan
memperhitungkan dampak yang ditimbulkan dengan adanya ancaman tersebut jika
dinilai akan merugikan perusahaan maka (biasanya) tuntutan akan direalisasikan.
Bentuk lainya dari tanggung jawab
sosial perusahaan sebatas pemberian sumbangan, hibah, bantuan untuk bencana
alam yang sifatnya momentum. Musibah, bencana, atau malapetaka yang terjadi
dapat dijadikan sebagai momentum bagi perusahaan yang membentuk citra dan
reputasi baik di mata masyarakat.
Menciptakan Kesempatan bagi
Pengembangan Ekonomi Lokal
Dalam
melayani para pelanggan, kami membutuhkan network distribusi yang besar
dan efisien untuk produk kami. Dalam kompetisi yang kian ketat, distribusi
produk yang efektif dan merata, menentukan sebuah produk menjadi pilihan
pelanggan. Untuk menjaga dan memperkuat kelangsungan distribusi produk, kami
memilih untuk membina kerjasama yang harmonis dengan berbagai mitra distributor
yang independen. Kemitraan ini sangat unik, termasuk pengembangan
kewirausahaan, lapangan kerja dan bisnis bagi para pemilik usaha lokal. Sinergi
di dalam rantai nilai ini akan secara berkesinambungan mengembangkan dan
meningkatkan kualitas hidup masyarakat luas.
Sumber
:
https://amoanselmus.wordpress.com/2012/11/18/csr-pt-unilever-indonesia-tbk/
0 komentar:
Posting Komentar