Scene Graph? Scene adalah pengambilan adegan per adegan
yang berarti kita melakukan seperti membuat film itu tidak secara langsung Full
record, tetapi ada per adengan. Dan Apa itu Graph? yang berarti digram grafik
yang memiliki vertex yang ditampilakn pada suatu titik koordinat, lalu apa itu
Scene Graph?
SCENE GRAPH
Scene Graph adalah suatu teknik pengelolaan
data atau struktur data yang biasanya dipakai pada suatu aplikasi rekayasa
grafis berbasis vektor dan pemodelan tiga dimensi baik itu untuk keperluan
video game ataupun yang lainnya dengan menggunakan konsep graf berarah dan
pohon m-ary. Beberapa program yang menggunakan Scene Graph ini adalah AutoCad,
Adobe Illustrator, Corel Draw, dll. Pengertian teoritis dari Scene Graph ini
sebenarnya tidak jelas atau kabur dikarenakan para programmer yang menggunakan
Scene Graph pada sebuah aplikasi hanya mengambil prinsip dasarnya lalu
mengimplementasikannya pada aplikasi tersebut sesuai fungsi dari aplikasi
tersebut.
Disini kita akan membahasa perbedaan apa saja yang
terdapat pada 3D Engine, disini saya akan membedaakan 3D Engine Ogre 3D, GameMaker
dan Unity 3D. Yuk Mari disimak ^^
1. Ogre 3D
OGRE (Object-Oriented Graphics Rendering Engine)
merupakan suatu engine berobjek oriented (berorientasi objek) dan fleksibel
terhadap 3D. Direpresentasikan dengan bahasa C++ serta dirancang lebih mudah
dan intuitif bagi pengembang untuk menghasilkan aplikasi yang menggunakan
hardware berakselerasi 3D.
Fitur-Fitur yang terdapat pada OGRE yaitu:
1. Desain yang berobject oriented dengan menggunakan plug-in
untuk mempermudah memasukkan fitur lainnya.
2. Engine berbasis scane graph dengan bantuan untuk sebuah
varietas yang luas, octree, BSP, & Paging Landscape scene manager.
3. Multi-platform dengan dukungan OpenGL & Direct3D.
Bisa merender konten yang sama di beda platform tanpa harus mempunyai content
creator. Dapat diakses pada platform Linux, Mac OS X, dan semua versi Windows.
4. OGRE mendukung program Vertex dan Fragment selama ditulis
dengan GLSH, HLSL, Cg, dan assembler.
5. The landscape scene manager untuk Progressive LOD, yang
mana bisa dibuat secara otomatis & manual. dsb
2. GameMaker
GameMaker: Studio sebenarnya merupakan software berbayar akan tetapi Publisher serta developer software itu sendiri memberikan versi gratisnya yaitu versi demo(Standart Edition) yang bisa didownload melalu website resmi.
Fitur GameMaker : Studio Professional
1. Bisa mendapatkan module Android untuk menciptakan game
Android.
2. Mendapatkan module IOS untuk menciptakan game Android.
3. Module PlayStation 4.
4. Module Xbox 360/Xbox One.
5. Support hamper pada semua jenis game
6. Drag and Drop
7. Menggunakan bahasa C
8. Terorganisir. Dsb
3. Unity 3D
Unity merupakan ekosistem pengembangan game: mesin render
yang kuat terintegrasi dengan satu set lengkap alat intuitif dan alur kerja
yang cepat untuk membuat konten 3D interaktif, penerbitan multiplatform yang
mudah, ribuan kualitas, aset siap pakai di Asset Store dan berbagi pengetahuan
di komunitas.
Untuk developer dan studio
independen, Unity dengan demokratisasi ekosistem menghancurkan waktu dan biaya
hambatan untuk menciptakan permainan unik dan indah. Mereka menggunakan Unity
untuk membangun penghidupan melakukan apa yang mereka suka: menciptakan
permainan yang menghubungkan dan menyenangkan pemain pada platform apapun.
Fitur-Fitur :
Unity 3D
1. Rendering
Graphics
engine yang digunakan adalah Direct3D (Windows, Xbox 360), OpenGL (Mac,
Windows, Linux, PS3), OpenGL ES (Android, iOS), dan proprietary APIs (Wii). Ada
pula kemampuan untuk bump mapping, reflection mapping, parallax mapping, screen
space ambient occlusion (SSAO), dynamic shadows using shadow maps,
render-to-texture and full-screen post-processing effects.[4]
2. Scripting
Script
game engine dibuat dengan Mono 2.6, sebuah implementasi open-source dari .NET
Framework. Programmer dapat menggunakan UnityScript (bahasa terkustomisasi yang
terinspirasi dari sintax ECMAScript, dalam bentuk JavaScript), C#, atau Boo
(terinspirasi dari sintax bahasa pemrograman phyton). Dimulai dengan dirilisnya
versi 3.0, Unity menyertakan versi MonoDevelop yang terkustomisasi untuk debug
script.
3. Asset
Store
Diluncurkan
November 2010, Unity Asset Store adalah sebuah resource yang hadir di Unity
editor. Asset store terdiri dari koleksi lebih dari 4,400 asset packages,
beserta 3D models, textures dan materials, sistem particle, musik dan efek
suara, tutorial dan project, scripting package, editor extensions dan servis
online. Dan masih banyak lagi
Referensi :
https://www.yoyogames.com/gamemaker/features
http://www.hermantolle.com/class/docs/unity-3d-game-engine/
http://www.ogre3d.org/about/features
http://www.openscenegraph.org/index.php/documentation/knowledge-base/36-what-is-a-scene-graph
http://docs.yoyogames.com/
0 komentar:
Posting Komentar