Baiklah disini kita akan membuka pembahasan tentang AI
(Artificial Intelligence) atau juga kecerdasan buatan. Disini saya akan
menjelaskan deskripsi dari AI itu sendiri dan juga beberapa isi dari AI
tersebut, yuk mari gan
DESKRIPSI
UMUM AI
AI singkatan dari Artificial Intelligent atau kecerdasan
buatan adalah suatu cabang dalam bidang sains komputer yang mengkaji tentang
bagaimana melengkapi sebuah komputer dengan kemampuan atau kepintaran seperti
manusia.
Sebagai contoh, bagaimana komputer bisa belajar sendiri dari pengalaman dan data-data yang telah dikumpulkannya, bagaimana komputer mampu berkomunikasi dan mengucapkan kata demi kata. Dengan kemampuan ini, diharapkan komputer mampu mengambil keputusan sendiri untuk berbagai kasus yang ditemuinya.
Sebagai contoh, bagaimana komputer bisa belajar sendiri dari pengalaman dan data-data yang telah dikumpulkannya, bagaimana komputer mampu berkomunikasi dan mengucapkan kata demi kata. Dengan kemampuan ini, diharapkan komputer mampu mengambil keputusan sendiri untuk berbagai kasus yang ditemuinya.
Kelebihan
Artificial Intelligence
·
-Bersifat Konsisten
·
-Bersifat permanent
· -Menawarkan kemudahan untuk digandakan atau
disebarkan
·
-Dapat didokumentasikan
Kekurangan
Artificial Intelligence
·
-Biaya yang mahal untuk membuatnya
·
-Dampak negative yang akan ditimbulkan
·
-Memperlukan sumber daya yang mempenghuni
Decision
Making
Keputusan (decision) adalah membuat pilihan di antara beberapa
kemungkinan. Sedangkan pengambilan keputusan (decision making) menunjuk pada
proses yang terjadi sampai keputusan itu tercapai. Atau dapat disimpulkan
setiap proses pembentukan kebijakan umum diambil dari suatu proses mengambilan
keputusan.
1. Decision Tree
Secara konsep Decision tree adalah salah satu dari
teknik decision analysis.Tries sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun
1960-an oleh Fredkin. Trie atau digital tree berasal dari kata retrival
(pengambilan kembali) sesuai dengan fungsinya. Secara etimologi kata ini
diucapkan sebagai ‘tree’. Meskipun mirip dengan penggunaan kata ‘try’ tetapi
hal ini bertujuan untuk membedakannya dari general tree. Dalam ilmu komputer,
trie, atau prefix tree adalah sebuah struktur data dengan representasi ordered
tree yang digunakan untuk menyimpan associative array yang berupa string
2. State Mechine
Secara umum, State Machine adalah sebuah teknik
untuk menggambarkan perilaku dinamis
sebuah system, dalam pendekatannya sebuah State Machine memodelkan
perilaku dari sebuah objek tunggal yang menunjukan urutan kejadian selama suatu
event tersebut
3. Rule System
Pada pola ini saya kurang mengerti banyak sekali
pembahasa yang berbeda-beda tentang hal tersebut, jadi saya simpulkan bahwa system
yang digunakan sebagai cara untuk menyimpan dan memanipulasi pengetahuan untuk
mewujudkannya dalam suatu informasi yang dapat membantu menyelesaikan
permasalahan.
PATH FINDING
Path finding (Perintis) suatu alur dalam suatu
menciptkan jalan untuk langkah awal dalam suatu proses pembuatan game, disini
saya akan mencontohkan dalam game Mario bros yang bagaimana alur dari game
tersebut 2D dan mengarah maju dan tidak dapat kembali kestage awal dan juga
mencari jalan untuk mencapai tiang bendera tersebut. Ada jenis dari Path
Finding diantaranya :
1.
Waypoint
adalah jalur pemetaan dalam suatu map atau objek yang akan di lewatinya. Disini
saya akan memberikan contohnya seperti game pinball dimana terdapat banyak
jalan untuk si bola untuk jatuh kebawah dan jalurnya tersebut sudah
dikoordinasi dengan waypoint jadi bisa dilewati.
Tactile
& Strategic AI
Pada bagian akhir saya akan menjelaskan tentang Tactile
dahulu, dari beberapa sumber yang saya baca dapat diartinya bahwa tactile
adalah suatu system sensor yang mengukur suautu informasi yang timbul dari
interaksi AI tersebut dan jika secara luas dapat diartikan sebagai system robotic
lalu pada Strategic AI adalah bagaimana rancangan kedepan dari AI tersebut pada
masa depan, jadi pemikiran terhadapat AI kedepannya akan semakin menyerupai
manusia saja.
sumber :
http://www.temukanpengertian.com/2013/08/pengertian-artificial-intelligence.html#
http://www.tanyapedia.com/apa-itu-ai-artificial-intelligent
http://www.lepank.com/2012/07/pengertian-keputusan-decision.html
https://kandm.wikispaces.com/Decision+Tree
http://eprints.binadarma.ac.id/492/1/OBJECT%20ORIENTED%20ANALYSIS%20%26%20DES%20materi%202.pdf
http://www.slideshare.net/ahmadsaktia/paper-40665729
http://www.tanyapedia.com/apa-itu-ai-artificial-intelligent
http://www.lepank.com/2012/07/pengertian-keputusan-decision.html
https://kandm.wikispaces.com/Decision+Tree
http://eprints.binadarma.ac.id/492/1/OBJECT%20ORIENTED%20ANALYSIS%20%26%20DES%20materi%202.pdf
http://www.slideshare.net/ahmadsaktia/paper-40665729
0 komentar:
Posting Komentar