Nama : ABDUS SALAM
NPM : 50413052
Kelas : 3IA22
Mata Kuliah : Desain Pemodelan Grafik
Dosen : Syefani Rahma Deski
PEMODELAN
GRAFIS UNTUK GAMES 2D/3D
Pemodelan
Model adalah rencana, representasi,
atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang
seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa model
fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar rancangan, citra
komputer), atau rumusan matematis. Maka pemodelan adalah tahap dimana akan
dibentuk suatu obyek. Obyek yang dibuat akan dibentuk seolah-olah menjadi
nyata. Dengan proses desain, obyek tersebut akan dibuat menjadi 2D maupun 3D.
Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat
pembuatannya. Misalnya menentukan obyek apa yang akan dibuat, metode apa yang
akan digunakan, serta animasi apa yang sesuai dengan tujuan pembuatan obyek
tersebut.
Grafik (Grafis) Grafik atau Grafis identik dengan suatu garis, titik, tanda,
dan bentuk huruf. Grafik merupakan cara membentuk bentuk huruf, tanda serta
gambar menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu
pembuatan, penyimpanan serta manipulasi model dan citra.
- Animasi
animasi komputer adalah seni membuat
gambar bergerak melalui penggunaan computer. Animasi yang dulunya mempunyai
prinsip yang sederhana, sekarang telah berkembang menjadi beberapa jenis,
yaitu: Animasi 2D dan Animasi 3D. Perbedaan dari animasi 2D dan 3D visual
adalah dilihat dari sudut pandangnya. Animasi 2D menggunakan koordinat x dan y,
sedangkan animasi 3D visual menggunakan koordinat x, y dan z yang memungkinkan
kita dapat melihat sudut pandang objek secara lebih nyata. Salah satu contoh
bentuk animasi 2D adalah Tom and Jerry dan untuk contoh dalam animasi 3 D
adalah Toy Story 2.
Jenis-jenis animasi
- Animasi 2D
- Animasi 3D
- Animasi tanah Hat (Clay Animation)
- Animasi Jepang (Anime).
Software Pembuat Animasi
Di pasaran sekarang ini sudah banyak
beredar softwarwe pembuat animasi, baik itu 2D atau 3D. Untuk lebih jelasnya
perhatikan daftar dibawah ini yang disusun berdasarkan kriterianya.
- Software Animasi 2 Dimensi:
Macromedia Flash, CoRETAS, Corel
R.A.V.E., After Effects, Moho, CreaToon, ToonBoom, Autodesk Animaton (1990-an)
dll
- Software Animasi 3 Dimensi:
Maya, 3D Studio Max, Maxon Cinema 4
D, LightWave, Softlmage, Poser, Motion Builder, Hash Animation Master, Wings
3D, Carrara, Infini-D, Canoma dll
PERKEMBANGAN
GAME 2D DAN 3D
1.
Pencitraan
Pencitraan sangat berkembang sejak
dari tahun 1990 dan seiring berjalannya waktu mulai dikembangkannyalah OpenGL
sebagai API untuk objek dan visualisasi 3D. Walaupun game telah dikenal sejak
dibuatnya komputer destop, tetapi teknologi pada saat itu masih belum mendukung
untuk menjadi game yang banyak kita lihat sekarang ini. Dengan teknologi yang
masih terbatas pada saat itu game baru bisa dibuat dengan tampilan yang secara
geometri adalah 2D yaitu panjang x lebar . Contoh game yang pada saat itu
menggunakan konsep 2D adalah seperti game, “Mario Bross”,”Zelda”, “Rockmen” dan
beberapa game yang dulu dimainkan di Sega, nintendo, Game Boy dan alat
permainan 2D lainnya.
Game 3D berkembang sejak tahun
1990-an sampai berkembang menjadi sekarang ini dengan detail yang baik dan
desain yang sangat halus pada saat di render. Dengan berkembangnya OpenGL
sebagai API Open Source untuk pengembang game dan animasi. Juga terdapat
software dan hardware yang mendukung untuk menampilkan game 3D. Secara geometri
3D merupakan suatu objek yang memiliki dimensi panjang x lebar x tinggi.
Sebagai tambahan untuk perkembangan
grafis, seperti animasi dan game pada saat sekarang ini telah berkembang
menjadi AR(Augmented Reality) dan VR(Virtual Reality) . Sehingga membuat
tampilan menjadi semakin hidup dan membuat eksperien yang lebih baik kepada
user dan lebih menyenangkan.
2.
Software
Perkembangan teknik algoritma telah
memungkinkan pembuat aplikasi untuk mengembangkan game menjadi semakin baik.
Mulai dari API untuk melakukan rendering algoritma tersebut telah
dikembangkan menjadi semakin baik dan menghemat resource komputer atau mesin
dan menjadi lebih efisien seperti yang kita rasakan sekarang ini. Pada periode
tahun 1980 sejak komputer desktop pertama dikembangkan game masih dibuat dengan
sangat sederhana. Dilakukan dengan bahasa pemrograman seperti C , prolog dan
lainnya. Sekarang dengan perkembangan teknologi pembuatan game bisa dilakukan
hanya dengan enggine game tertentu, yaitu hanya dengan menginstall suatu
software yang meng-generate suatu objek dan game secara user friendly.
3.
Hardware
Teknologi yang maju telah membuat
hardware menjadi semakin powerfull, murah dan kecil, hal ini dimanfaatkan oleh
para pengembang citra dan game. Yang menjadi masalah saat membuat objek dan
animasi 3D untuk game sekarang ini adalah sumber daya mesin yang tidak
mencukupi. Proses rendering akan sangat lama dengan menggunakan hardware yang
mempunyai spesifikasi lama. Maka teknologi hardware sekarang mengatasi masalah
tersebut. Rendering bukan lagi menjadi masalah, pembuatan objek apapun bisa di
realisasikan.
4.
Gameplay
Jika anda pernah bermain game pada
tahun 1989-an sampai sekarang ini maka bagi anda akan sangat jelas perbedaan
yang terlihat pada gameplaynya. Pada game berjenis 2D maka gameplaynya terasa
sangat membosankan apa lagi ketika anda sudah merasakan gameplay dari game
berjensi 3D. Game berjenis 3D membuat tampilan yang menarik dan permainan yang
lebih nyata dan seru bagi penikmat game.
Sumber :
http://www.kamu-info.web.id/2015/09/desain-pemodelan-grafik.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Desain
http://www.academia.edu/1478467/Desain
http://id.wikipedia.org/wiki/Model
https://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer_3D
http://id.wikipedia.org/wiki/Desain
http://www.academia.edu/1478467/Desain
http://id.wikipedia.org/wiki/Model
https://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer_3D
https://deanneedham.files.wordpress.com/2012/10/the-games-logo.jpg
0 komentar:
Posting Komentar