Selasa, 01 November 2016

TUGAS 2(Tanggung Jawab Sosial Perusahaan)





Nama : ABDUSSALAM
KELAS : 4IA22
NPM : 50413052
Dosen : Rina Noviana
 
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Unilever adalah salah satu perusahaan terbesar didunia yang multinasional memperluas wilayahnya ke hampi 170 negara. Perusahaan ini telah mempekerjakan 163.000 orang pada akhir tahun 2009, merekturt 90% tenaga kerja mereka dari pasar domestic dimana ia mengoperasikan bisnisnya. Ini telah mengambil tanggung jawab unutk memenuhi kebutuhan lebih dari 2 miliar orang di seluruh masyarak setiap hari.
Menjadi multinasional besar melahirkan tanggung jawab social perusahaan jauh lebih banyak daripada perusahaan kecil biasa,karena merupakan salah satu tantangan terbesar dari setiap multinasional untuk mempertahankan legitimasi social mereka. Saat ini perusahaan tidak diharapkan focus untuk focus pada dampak social tetapi mereka harus beroprasi sebagai angora masyarakat dengan memepertimbangkan ruang lingkup perlaku etis dan moral dengan cara terbaik
           
Penerapan tanggung jawab sosial perusahaan saat ini :

Bentuk tanggung jawab sosial perusahaan yang biasanya dilakukan adalah pemberian fasilitas kepada para pekerja atau buruh. Kenyataannya bahwa pemberian fasilitas baru akan terealisasi jika adanya ancaman mogok atau unjuk rasa dari para buruh. Ini berarti tanggung jawab sosial perusahaan terhadap para buruh didasarkan sebagai suatu negosiasi antara manajemen dengan para buruh. Manajemen tentunya akan memperhitungkan dampak yang ditimbulkan dengan adanya ancaman tersebut jika dinilai akan merugikan perusahaan maka (biasanya) tuntutan akan direalisasikan.
      Bentuk lainya dari tanggung jawab sosial perusahaan sebatas pemberian sumbangan, hibah, bantuan untuk bencana alam yang sifatnya momentum. Musibah, bencana, atau malapetaka yang terjadi dapat dijadikan sebagai momentum bagi perusahaan yang membentuk citra dan reputasi baik di mata masyarakat.

Menciptakan Kesempatan bagi Pengembangan Ekonomi Lokal

Dalam melayani para pelanggan, kami membutuhkan network distribusi yang besar dan efisien untuk produk kami. Dalam kompetisi yang kian ketat, distribusi produk yang efektif dan merata, menentukan sebuah produk menjadi pilihan pelanggan. Untuk menjaga dan memperkuat kelangsungan distribusi produk, kami memilih untuk membina kerjasama yang harmonis dengan berbagai mitra distributor yang independen. Kemitraan ini sangat unik, termasuk pengembangan kewirausahaan, lapangan kerja dan bisnis bagi para pemilik usaha lokal. Sinergi di dalam rantai nilai ini akan secara berkesinambungan mengembangkan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat luas.




Sumber :
https://amoanselmus.wordpress.com/2012/11/18/csr-pt-unilever-indonesia-tbk/

0 komentar:

Posting Komentar