Senin, 24 November 2014

WIFI-NETWORKING


Apa itu WiFi?

WiFi adalah singkatan dari kata Wireless Fidelity yang dapat didefinisikan sebagai sekumpulan standar yang memanfaatkan seperangkat alat elektronik untuk melakukan pertukaran data secara nirkabel (tanpa kabel). Jadi sekarang jangan lagi mengeja WiFi dengan sebutan “wai fai” karena Wi-Fi adalah singkatan dari kata wireless fidelity. Sebutlah kata WiFi dengan ejaan “wai fi”… J
Penggunaan istilah WiFi sendiri mulai diperkenalkan pada tahun 1999 oleh sebuah perusahaan konsultasi brand. Istilah Wi-Fi kemudian digunakan untuk menggantikan kata Hi-Fi (high fidelity). Tak hanya menemukan nama WiFi, perusahaan branding tersebut juga membantu membuat logo WiFi yang saat ini dikenal oleh seluruh pengguna internet di dunia.

Konsep yang Digunakan Dalam Teknologi WiFi
Prinsip dasar yang digunakan dalam teknologi WiFi sebenarnya mengadopsi persamaan yang dibuat oleh James Clerk Maxwell pada tahun 1964. Dalam persamaan tersebut, Maxwell menyatakan bahwa setiap perubahan yang terjadi dalam suatu medan magnet akan menimbulkan kemunculan medan-medan listrik.
Begitu pula sebaliknya, perubahan yang terjadi pada medan listrik akan menimbulkan kemunculan medan magnet. Perubahan bentuk energi tersebut kemudian dikenal dengan sebutan radiasi elektromagnetik atau yang lebih populer dengan sebutan gelombang radio.
Untuk menghasilkan radiasi elektromagnetik yang bergerak bebas di udara, dibutuhkan sebuah alat penghasil radiasi elektromagnetik yang disebut transmitter. Radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh transmitter kemudian akan dideteksi dan ditangkap dengan menggunakan sebuah alat yang disebut receiver.
Agar transmitter dan receiver memiliki tingkat fokus yang baik untuk membuat dan mengatur pola radiasi, mengirimkan, dan menangkap radiasi tersebut melalui udara, maka diperlukanlah alat lain untuk mengarahkan fokus tersebut yang kini dikenal dengan sebutan antena.
Tipe-tipe Wireless Network
  1. Wireless PAN (WPAN)
    Wireless Personal Area Network (WPAN) adalah jaringan wireless dengan jangkauan area yang kecil. Contohnya Bluetooth, Infrared, dan ZigBee.
  2. Wireless LAN (WLAN) / Wifi
    Wireless Local Area Network (WLAN) atau biasa disebut Wifi memiliki jangkauan yang jauh lebih luas dibanding WPAN. Saat ini WLAN mengalami banyak peningkatan dari segi kecepatan dan luas cakupannya. Awalnya WLAN ditujukan untuk penggunaan perangkat jaringan lokal, namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet.
  3. Wireless MAN (WMAN)
    Wireless Metropolitan Area Network (WMAN) adalah jaringan wireless network yang menghubungkan beberapa jaringan WLAN. Contoh teknologi WMAN adalah WiMAX.
  4. Wireless WAN (WWAN)
    Wireless Wide Area Network adalah jaringan wireless yang umumnya menjangkau area luas misalnya menghubungkan kantor pusat dan cabang antar provinsi.
  5. Cellular Network
    Cellular Network atau Mobile Network adalah jaringan radio terdistribusi yang melayani media komunikasi perangkat mobile seperti handphone, pager, dll. Contoh sistem dari Cellular Network ini adalah GSM, PCS, dan D-AMPS.
  6. Berikut berbagai macam penerapan WiFi selain digunakan untuk internetan yang berhasil saya  himpun  dari berbagai sumber :
PENERAPAN WIFI
  1.   Mensinkronisasi telepon  dengan PC tanpa USB
  2.   Mengubah Smartphone menjadi remote control
  3.   Mentransfer foto dari kamera digital
  4.   Streaming film ke TV
  5.   Streaming audio ke speaker
  6.   Untuk keamanan

Sumber :
http://www.transiskom.com/2013/06/pengertian-wireless-network.html
http://img.ibxk.com.br///2014/08/01/01085754827010.jpg
https://www.maxmanroe.com/apa-itu-wifi-mengenal-latar-belakang-dibalik-pembuatannya.html

referensi buku :
"Menginstalasi Perangkat Jaringan Komputer"  Elex Media Komputindo
 


0 komentar:

Posting Komentar